Tuesday, March 19, 2013

Memeriksa hasil installasi driver LAN pada windows 7

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Istall Driver LAN padaNotebook Satellite Pro C640 Win7 kali ini sobat akan diajak memeriksa hasil installasi driver LAN pada Windows 7. Terdapat dua cara memeriksa hasil installasi yaitu cara Otomatis dan Manual. Pada totorial kali ini sobat melakukan pengujian secara otomatis. Syarat yang pertama harus tersedia adalah di tempat sobat sudah ada koneksi internet dan media nya menggunakan Kabel jaringan.

  • Tahap pertama sobat pasangkan kabel pada LAN Card Notebook kemudian lihat pada Toolbar bawah sebelah kanan, terlihat proses configurasi IP Address Otomatis.
  • Jika IP Address sudah selesai configurasi maka akan muncul kotak dialog "Set Network Location", sobat bisa memilih salah satu atau mengabaikan nya.
  • Sobat arahkan kursor mouse pada toolbar tersebut dan akan terlihat popup “Internet Access”
  • Selain itu sobat bisa memeriksa pada Command Promp DOS, dengan cara klik start kemudian ketik "cmd" tanpa tanda kutip, lalu tekan ENTER.
  • Akan tampil layar Command Prompt DOS, disana sobat bisa melihat IP Address dengan cara Ketik “ipconfig” tanpa kutip, lalu tekan ENTER, maka akan terlihat IP Address 192.168.1.9 (catatan : IP Address tersebut belum tentu sama dengan yang ada pada kompi sobat), Subnet Mask, Default Gateway.
  • Langkah berikut nya sobat bisa melakuka tes koneksi ke modem, dengan cara ketik “Ping 192.168.1.1” tanpa kutip lalu tekan ENTER, akan terlihat berita “Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time=1ms TTL=64” hal tersebut menandakan bahwa koneksi ke modem sudah berjalan
  • Selanjutnya lakukan test koneksi ke DNS dengan cara ketik “ping 8.8.8.8” tanpa tanda kutip lalu tekan ENTER, akan terlihat berita “Reply from 8.8.8.8: bytes=32 time=77ms TTL=49” hal tersebut menandakan bahwa koneksi ke internet sudah berjalan.
  • Selain itu, sobat juga bisa melakukan tes koneksi langsung ke webtsite misal google dengan cara ketik “ping www.google.com” tanpa tanda kutip lalu tekan ENTER, akan terlihat berita “Reply from 74.125.135.104: bytes=32 time=80ms TTL=49” hal tersebut menandakan bahwa koneksi ke google sudah berjalan.
  • Untuk lebih memastikan apakah koneksi internet sudah tersambung dengan benar, buka browser yang ada di kompi misal Mozilla Firefox, ketik google.com pada address bar, jika muncul halaman google maka sobat telah berhasil.

Sampai sini pekerjaan telah selesai selanjutnya sobat tinggal berselancar di internet.

Setelah selesai melakukan installasi driver LAN Card, yang perlu sobat perhatikan adalah jaringan di lingkungan sobat menggunakan IP Dinamic atau static. Pada artikel berikut nya akan dibahas mengenai Setting Jaringan dengan IP Static.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat!!!

2 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More