Wednesday, March 27, 2013

Malware Auto Like dan cara Mengatasinya


Tahukah anda bahwa akhir-akhir ini sedang marak malware autolike di facebook? Malware ini adalah sejenis robot yang dibuat seseorang agar pengguna facebook secara cepat dan otomatis menyukai sekaligus mengikuti halaman dan orang si pembuatnya.

Akibat yang ditimbulkan, secara otomatis pengguna akan mengikuti orang-orang dan menyukai halaman-halaman tertentu dalam jumlah yang tidak sedikit, bisa pulhan dan bahkan bisa ratusan. Dan celakanya ternyata facebook mendeteksi ini sebagai virus facebook.

Hal ini pernah saya alami ketika dinding saya ditandai seseorang yang tidak saya kenal. Sebenarnya saya sudah curiga sebelumnya, mengapa orang yang tidak saya kenal sebelumnya tiba-tiba menandai dinding saya. Penasaran ingin melihat apa yang ditandakan kepada saya maka saya mengklik sebuah tautan tersebut.

Ternyata saya dibawa ke halaman baru di mana terdapat sebuah video yang ternyata tidak bisa diputar. Namun, di sana diberikan perintah memperbarui plugin agar bisa memutar video tersebut. 1 kali saya lakukan, tidak ada perubahan, 2 dan 3 kali saya lakukan ternyata juga tidak ada perubahan.

Dari situlah saya baru menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan hal tersebut. Benar dugaan saya. Ketika saya akan pergi ke baranda facebook ternyata telah terdapat peringatan dari facebook bahwa akun saya terinfeksi malware (program jahat), dan akun saya untuk sementara dikunci dari pihak facebook.

Namun tak usah khawatir, facebook telah memberikan keamanan untuk mengatasi hal tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

1. Ketika akun facebook anda di kunci untuk sementara waktu dan biasanya terdapat keterangan seperti berikut:
"Akun Anda untuk sementara dikunci.

Browser Anda telah terinfeksi malware. Anda mungkin terinfeksi ketika mengeklik tautan untuk menonton "video mengejutkan" dari pembaruan status teman atau mengunjungi situs web yang mengklaim menawarkan fitur-fitur khusus pada Facebook. Sebagai contoh, ada situs yang mengklaim bahwa mereka dapat menunjukkan kepada Anda siapa yang melihat kronologi Anda, mengubah warna kronologi Anda atau membantu Anda menghapus kronologi Anda sepenuhnya. Fitur-fitur ini tidak ada.

Setelah terinfeksi, ekstensi berbahaya ini mengirim spam kepada teman-teman Facebook Anda dan mencuri informasi pribadi Anda. Kami akan membantu Anda menghapus ekstensi berbahaya ini dari browser Anda. Silakan klik lanjutkan untuk memulai proses."

Screenshotnya seperti ini:


2. Klik lanjutkan untuk menghapus malware yang menginfeksi akun anda. Tindakan ini nantinya anda akan menginstal dan mengaktifkan security yang disediakan facebook, yang logonya seperti gambar di bawah ini:


Lakukan sesuai petunjuk.

3. Setelah selesai, perbaruhi browser anda. Seperti yang saya lakukan memperbaruhi browser yang digunakan. Unistall browser yang anda gunakan lalu download browser update terbaru (Mozilla Firefox, chrome, safari dsb).

4. Selanjutnya masuklah kembali ke facebook, berhentilah mengikuti orang-orang dan batalkan menyukai halaman-halaman yang diakibatkan autolike tersebut.
5. Langkah berikutnya, ada baiknya segera ganti password.
Dari beberapa langkah tersebut menurut pengalaman saya, mengenai malware yang menginfeksi dapat diatasi.

Semoga bermanfaat!!

source : http://tipsytrik.blogspot.com/2013/02/akibat-malware-autolike-facebook-dan.html

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More